Peran Website Desa untuk Masyarakat Desa

Manfaat Website Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat beberapa tahun terakhir ini. Sehingga sudah banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan membuat sebuah website resmi. Baik untuk profil perusahaan, portal informasi desa, situs sekolah, atau web blog  organisasi. So, agar Anda lebih memahami pentingnya membuat website, alangkah baiknya jika mengetahui berbagai manfaat website desa yang lebih dikenal dengan PID (Portal Informasi Desa).

Desa memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan kreasi dan inovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan , hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa. Terlebih dengan adanya anggaran dana Desa, tentu semakin memberi keleluasaan dalam alokasi pendanaan. Istilah talang bocor pun bisa diminimalisir dengan adanya program dana desa saat ini.

Dengan terobosan luar biasa ini, untuk anggaran pengadaan website desa dapat dimasukkan dalam anggaran dana desa, termasuk biaya pengelolaan (operasional) setiap bulannya.

Berikut beberapa manfaat dari adanya website desa yang dirangkum dari puskomedia.id yang ArytaNet dapat dijadikan acuan. Pertama,  website desa dapat digunakan untuk media dan manajemen informasi desa. Karena sifatnya dalam jaringan (online), masyarakat dapat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi seperti berita desa, transparasi dana desa, alokasi pembangunan, potensi desa dan lain-lain.

Manfaat kedua website desa, Pelayanan publik adalah amanat untuk setiap fungsi pemerintahan di negara ini, bahkan hingga ke tingkat desa. UUD 1945 hingga seluruh peraturan turunannya merupakan aturan untuk menegaskan kewajiban negara dalam melayani setiap warga negara dan penduduk dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasar dalam kerangka pelayanan publik. Pelayanan publik adalah tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Ketiga, website desa dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah diakses masyarakat. Baik menggunakan perangkat komputer/laptop maupun smartphone/mobile.

Sebenarnya masih banyak lagi peran website yang dapat memberikan manfaat positif bagi pihak yang mengelolanya. Tapi karena keterbatasan waktu, kita cukupkan di sini dulu ya. Cek penawaran terbaru kami tentang Paket Pembuatan Plus Pelatihan Operator Website Desa. (AN/OmPrap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.